Senin, 20 Februari 2012

kiprah dosen UNM di negeri orang


 -Dosen Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar, Ahmad Yasser Mansyur, hari ini berhasil mempertahankan tesis berjudul “Pengaruh gaya Kepemimpinan Intrinsik ke atas Makna Hidup, Komitmen Organisasi dan Produktiviti Kerja: Kajian dalam Kalangan Organisasi Perniagaan, Awam dan Sosial di Indonesia” pada Departemen Psikologi Fakulti Sain Sosial dan Kemanusiaan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) di Bangi, Kuala Lumpur. Dengan keberhasilan ini, beliau berhak memperoleh gelar doktor falsafah (Ph.D) dalam bidang psikologi. Dia dibimbing oleh Prof. Dr. Fatimah Omar dan Prof. Dr. Iran Herman.

Dalam penelitiannya, suami dari Mardiyah Radhi Al Hafid ini, menemukan bahwa interaksi yang mampu meningkatkan produktivitas kerja dalam organisasi yaitu interaksi di antara status pernikahan dengan jenis organisasi dan interaksi status pernikahan dengan tingkat pendidikan. Kenaikan produktivitas kerja itu pada pekerja yang menikah dan berada dalam organisasi sosial, serta pekerja bujang dan berpendidikan Diploma.

Penelitiannya juga menghasilkan temuan baru tentang adanya pengaruh tiga gaya kepemimpinan bersifat intrinsik (gaya kepemimpinan spiritual, gaya kepemimpinan tranformasional dan gaya kepemimpinan prophetik) terhadap makna hidup, komitmen organisasi dan produktivitas kerja dalam organisasi bisnis, publik dan sosial. Temuan lainnya adalah memperkuat karakteristik jenis organisasi sosial, bahwa dalam organisasi sosial memiliki komitmen intrinsik yang tinggi dibandingkan dengan jenis organisasi bisnis dan publik.

Saat ini, Ahmad Yasser Mansyur tercatat sebagai dosen UNM pertama yang paling muda yang cepat menyelesaikan studinya di luar negeri dalam usia 35 tahun. Dia juga tercatat sebagai Sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tello Baru Kota Makassar. Sejak tahun 1989 telah merantau ke Yogyakarta menyelesaikan SMP dan SMA di Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Sarjana diperoleh di sarjana IAIN Sunan Kalijaga dalam bidang konseling Islam (2000) dan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (2001) dalam bidang psikologi, serta menyelesaian magister psikologi Universitas Gajah Mada tahun 2004.(*/tribun-timur.com)

Penulis : Citizen Reporter
Editor : Muh. Irham

1 komentar:

  1. Bismillah

    Permintaan anda sudah saya jawab, silahkan kunjungi blog saya kembali..

    Syukran

    BalasHapus